Tuesday, August 31, 2021

Tuhan dan Manusia


Tuhan dan manusia tidak dapat dipisahkan sebagai objek dan subjek. Dan itu adalah mutlak dalam memahami Alkitab!

Saya secara pribadi bukan sebagai Pastor, Pendeta, Penginjil, tetapi sebagai Teolog, saya juga diberi kesempatan dimana-mana untuk memberikan ceramah, diberbagai kalangan organisasi gereja maupun non gereja. Ketika saya dipercayakan, saya adalah manusia yang tak suka bicara banyak tentang Tuhan, historis dan teks. Barangkali di cap saya manusia radikal yang tidak mengenal Tuhan yang baik, bahkan tidak ada hermeneutik maupun homoletik yang baik.

Bagi saya, tetap saja konsisten bicara realitas sebagai cerminan hamba Allah dan manajerial serta strategi ril untuk upaya perubahan sosial bagi seluruh masyarakat dan adalah sebagai basis jemaat, oleh kekuatan peranan kita sebagai gereja, pemerintah, politikus, LSM, jurnalis, akademik dan sebagainya.

Bicaralah yang realitas, karena banyak yang cukup memahami Alkitab dan sering dicurigai khotbah sebuah fiksi dari ekspresi kekristenan dan jarang mau mendengarkannya.

@hj

No comments:

Post a Comment